« Home | People Should Not Be Afraid Of Their Governments » | Pemimpin yang Menipu » | Teater Koma dan Regenerasi Organisasi » | Hukuman » | Pramoedya Ananta Toer and Christian Education » | Curse of The Golden Flower » | Tahun 2006 dalam Hidupku » | Blogging to Bless? » | Topeng » | Ketika Vendetta Berganti Visi Vitalisasi »

Blogging?

Seorang kolega saya pernah bertanya, untuk apa saya repot-repot menulis, membuat blog?

Mengapa saya membuat blog?

  • Menyebarkan ide saya. Kalaupun saat ini ide itu belum bermanfaat, dengan membuat blog pada akhirnya saya dapat membuat ide saya tersedia bagi orang lain. Kapanpun, bahkan ketika saya sudah tidak lagi di dunia ini. Ideas are bulletproof. Dan melalui blog saya dapat mencapai publik yang sebenarnya tidak saya kenal.
  • Belajar menulis dan berpikir. Tulisan merupakan budaya terbesar manusia. Sungguh disayangkan jika saya tidak mendayagunakan peninggalan terbesar ini untuk semakin mengembangkan diri saya.
  • Menjadi tempat saya berkaca. Dalam waktu-waktu tertentu saya membaca tulisan-tulisan di blog saya. Melaluinya saya dapat melihat bagaimana perjalanan hidup saya selama ini. Apa yang menjadi pergulatan saya, bagaimana saya dulu menyelesaikannya, apakah saya telah belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah lalu.
  • Corong kebebasan berpendapat. Dalam pengalaman saya (terlebih di dunia jurnalisme), kebebasan berpendapat merupakan suatu kemewahan tersendiri (paling tidak dulu). Merupakan suatu pemborosan yang mubazir untuk tidak memanfaatkan kemewahan ini kini.
  • Mendapat masukan dari rekan-rekan yang lain. Terkadang dari orang-orang yang membaca tulisan saya memberikan masukan, baik secara langsung melalui blog atau tidak. Masukan mereka juga menjadi suatu harta bagi saya.
  • Bercerita. Kadang saya merasa lebih mudah dan dapat lebih detail menceritakan sesuatu melalui tulisan daripada melalui jalan lisan. Blog ini merupakan salah satu bentuknya.