« Home | Parakan » | Lucky Man » | Perubahan Semu » | Refleksi Pra Liburan » | Di Antara Beberapa Pilihan » | What A Team » | Unpleasant Dream » | Eksistensi » | B 3459 EK vs B 6930 UET » | Selamat Ulang Tahun »

ThinkPad

Beberapa hari yang lalu ThinkPad saya baru saja crash. Awalnya sih karena kesalahan saya juga, menginstall driver yang belum disertifikasi. Tapi dari pengalaman sebelumnya, biasanya driver yang belum tersertifikasi masih dapat digunakan. Baru sekali ini membuat masalah sepelik ini.

Alhasil beberapa rencana awal seperti penggunaan ThinkPad saya di TGIF terpaksa dibatalkan. Panik juga, karena crash-nya baru disadari beberapa jam sebelum penggunaan di TGIF. Ditambah lagi mendadak ada telepon, Change Request di proyek lagi. Makin mumet.

Beruntung dua hari sebelumnya saya baru melakukan back-up terhadap ThinkPad. Tindakan preventif memang sangat berguna, buktinya ThinkPad saya sudah up-and-running lagi.

Tapi itulah sulitnya, tidak setiap saat kita mempersiapkan tindakan preventif. Yang ada malah tindakan reaktif, menyalahkan lingkungan. Padahal itu kesalahan kita juga kan, hanya memiliki target tanpa memiliki rencana.

T besar, r kecil, p apalagi. Target besar, rencana kecil, pelaksanaan apalagi. Hasilnya ya begitu, panik tidak menentu.